Jumat, 26 Mei 2023

Melalui Aksi Kemanusiaan, Dua Personel Polri Berhasil Menyelamatkan Seorang Pria Paruh Bayah

Aiptu Slamet saat mengantar Bapak Santoso ke RS Bhayangkara

Polresta Jayapura Kota,- Bapak Santoso seorang pria paruh bayah yang berumur 59 tahun yang juga tidak memiliki sanak keluarga ini mendapatkan penaganganan saat menderita sakit penyakit Diabetes Melitus oleh Ipda Ari Susanto Personel Dokpol RS Bhayangkara dan Aiptu Slamet Riyadi Personel Bhabinkamtibmas Polsek Muara Tami Polresta Jayapura Kota, Rabu (10/5).

Semua berawal saat AiptuSlamet yang kesehariannya menjadi Polisi RW 3 Kampung Holtekamp Distrik Muara Tami mendapatkan informasi dari warga binaannya bahwa terdapat seseorang yang mengalami  sakit dengan kondisi luka dikaki yang semakin memburuk dan menimbulkan bau tak sedap bagi orang-orang disekitarnya.

Informasi tersebut menggerakkan hati Aiptu Slamet, dan tak butuh waktu lama akhirnya ia pun menolong bapak tersebut.

Pada hari Rabu tanggal 10 Mei 2023 sekitar pukul setengah sembilan malam, Aiptu Slamet yang pada saat itu juga ditemani Ipda Susanto mendatangi camp yang dikabarkan menjadi tempat tinggal bapak Santoso selama bekerja di Kota Jayapura.

Sekitar satu jam setelah kedatangan mereka, bapak Santoso pun dievakuasi ke RS Bhayangkara untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut dan setelah diperiksa, Tim Medis menyatakan bahwa bapak Santoso mengalami sakit Diabetes Melitus.

Bapak Santoso sendiri merantau ke Kota Jayapura untuk bekerja dan mencari nafkah dan ia tak mempunyai keluarga ataupun sanak saudara disini, sehingga sedikit menyulitkan Aiptu Slamet dan Ipda Susanto.

Jelang sepuluh hari kemudian, bapak Santoso diperbolehkan untuk pulang namun Aiptu Slamet sedikit kebingungan untuk membawa Bapak Santoso kemana, dan setelah berdiskusi dengan Ipda Susanto mereka pun memutuskan untuk membicarakan hal ini kepada Kabid Dokkes.

Bapak Santoso pun di perbolehkan untuk menetap di RS Bhayangkara selamat dua hari dan setelah itu Bapak Santoso ditemani Ipda Susanto berangkat menuju   Kabupaten Madiun, Provinsi Jawa Timur, (22/5).

Bapak Santoso pun bertemu dengan keluarganya yang beralamatkan di Dusun Krikilan RT 14/01 Desa Nduren Kecamatan Gemaran, Kabupaten Madiun.

Biaya perawatan selama bapak Santoso dirawat ditanggung oleh BPJS dan biaya keberangkatannya bersumber dari para donatur yang peduli dengan apa yang bapak Santoso alami.

Tak hanya itu, Aiptu Slamet dan Ipda Susanto juga membelikan tongkat untuk memudahkan gerak langkah Bapak Santoso.

Kapolsek Muara Tami AKP Cornelis Dima, S.H menyatakan perasaan bangganya terhadap Personelnya yang memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi.

"Ini merupakan hal yang bukan hanya Polri saja namun seluruh masyarakat teladani karena menolong sesama kita merupakan wujud kepedulian dan kasih kita terhadap sesama manusia.

Kapolsek Muara Tami berharap bapak Santoso lekas sembuh dan membaik dari sakit penyakit yang dialami, dan kedua personel yang telah membantu dan menolong diberikan berkah dan anugerah dari Tuhan, dan tak henti-hentinya menebarkan kebaikan  serta menolong sesama yang membutuhkan pertolongan kita.(*)


Penulis : Sesa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Polsek Muara Tami Himbau Anak Murid Agar Tidak Terjerumus Dalam Kenakalan Remaja

Kanit Binmas saat menyampaikan himbauan kepada guru SMP N 8 Muara Tami Polresta Jayapura Kota,- Maraknya kenakalan remaja di Kota Jayapura, ...