Selasa, 06 November 2018

24 Pengendara Motor Ditilang Dalam Operasi Zebra

Tribratanews.papua.polri.go.id Polres Jayapura Kota,- Sebanyak 36 kendaraan roda dua terjaring dalam operasi zebra Matoa tahun 2018 hari ketujuh yang dilaksanakan Satuan Lalulintas Polres Jayapura Kota yang dipusatkan di taman Yos Sudarso Imbi Kota Jayapura , Selasa (6/11) sore.

Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, S.H., S.IK melalui Kasat Lantas Polres Jayapura Kota AKP James O. Tegai, S.IK saat dikonfirmasi mengungkapkan 36 kendaraan yang terjaring, 24 kendaraan diantaranya mendapatkan tindakan tegas berupa tilang, sementara sisanya hanya teguran.


Kasat Lantas menuturkan rata-rata kendaraan yang terkena tilang lantaran tidak menggunakan helm bahkan ada juga pengendara yang tidak mempunyai SIM dan ada juga pengandara yang tidak membawa STNK saat berkendara.

"Pelanggar terbanyak sejauh adalah tidak menggunakan helm, padahal helm adalah satu prosedur sangat penting saat berkendara, selain itu tidak memiliki SIM bahkan tidak menggunakan TNKB sesuai aturan," tuturnya. 

Dikatakan, sasaran razia Operasi Zebra Matoa tahun 2018 hari ketujuh yakni dengan sasaran kendaraan bermotor dan kendaraan roda empat yang TNKB-nya kadaluarsa  atau tidak sesuai maka akan diamankan.

Selain itu lanjut Kasat Lantas, pengendara bermotor yang tidak menggunakan helm standar (SNI) untuk pengemudi dan penumpang serta plat motor yang menggunakan plat mika maka akan dilakukan penilangan.

“Dalam pelaksanaan kegiatan ini kita utamakan 3S  yakni senyum, sapa dan salam sebelum melakukan pemeriksaan kepada masyarakat pengguna jalan raya,” terangnya.

Menurutnya, masih banyak pengguna kendaraan roda dua yang malas tau dalam penggunaan helm saat mengendarai kendaraan mereka. Padahal, hal yang paling penting adalah menggunakan helm saat berkendaraan di jalan raya.

“Kami selalu memberi himbauan kepada msayarakat bahkan turun langsung ke sekolah-sekolah untuk mensosialisasikan terkait penggunaan helm ini, hanya saja masih ada sebagian masyarakat malas tau terkait penggunaan helm,” pungkas AKP James O. Tegai, S.IK.(*) 

Penulis :Humas Sakura

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rayakan Hari Integrasi Papua ke NKRI, Kapolresta Hadiri Giat Pembentangan Bendera Merah Putih Sepanjang 11 KM

Kapolresta bersama Forkopimda saat mengikuti konvoi pembentangan bendera Merah Putih sepanjang 11 KM Polresta Jayapura Kota,- Dalam rangka m...