Jumat, 14 Juni 2019

Dokkes Polres Jayapura Kota Rutin Cek Kesehatan Tahanan

Tribratanews.papua.polri.go.id Polres Jayapura Kota - Sebagai langkah antisipasi dan guna mengetahui kondisi kesehatan para tahanan, Polres Jayapura Kota melalui Poli Kesehatan  melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para tahanan yang ada di ruang tahanan Mapolres, Jumat (14/6) pagi tadi.

Tak hanya memeriksa kesehatan, sejumlah sudut ruangan juga diperiksa guna mengantisipasi hal yang tidak di inginkan. Satu persatu tahanan maupun ruangan diperiksa secara teliti oleh Sat Tahti, selain itu seluruh tahanan dilihat kondisi kesehatannya.


Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S.IK melalui Kasat Tahti Iptu Edy Purwadi mengatakan, tak hanya kesehatan para tahanan, ruang masing-masing tahanan juga tidak luput dari pemeriksaan, termaksud beberapa barang yang berada didalam ruangan.

Semua dilakukan pengecekan dan pemeriksaan sebagai antisipasi masuknya barang terlarang seperti narkoba, rokok, korek api, handphone dan berbagai alat yang dimungkinkan dapat membahayakan tahanan selama berada diruangan.

"Pemeriksaan ruang tahanan dan kesehatannya sudah rutin dilakukan karena sudah menjadi tugas dan tanggung jawab dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. Pemeriksaan dan pengecekan selain saat serah terima, juga rutin dilakukan setiap jam oleh petugas tahanan,"kata Iptu Edy.

Menurutnya selama berada diruang tahanan, para petugas melakukan pemeriksaan secara penuh. Tak hanya itu para petugas juga memberikan hak-hak para tersangka dalam tindak pidana secara layak dipenuhi seperti ibadah, makan, minum, pelayanan kesehatan dan perawatan fisik lainnya seperti berolah raga.

Bahkan kebutuhan siraman rohani dengan pembinaan mental rohani sehingga mereka tidak mengulangi perbuatannya lagi.

Sementara itu Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas. SH., S.IK menyampaikan, meskipun mereka adalah tahanan atau orang yang berbuat salah dan melanggar pasal-pasal hukum pidana yang berlaku, mereka tetap mempunyai hak untuk sehat maka dari itu di laksanakan pemeriksaan kesehatan.

Kapolres Menambahkan, langkah ini dilakukan sebagai antisipasi berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan, melalui pengecekan dan pengawasan secara rutin dan terus menerus yang dilakukan anggota jaga tahanan ini diharapkan dapat mempersempit ruang gerak tahanan sekalipun memantau setiap aktifitas tahanan selama berada di dalam ruangan. (*)

Penulis. : Andi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Asik Pesta Miras dan Ganja, 5 Oknum Mahasiswa Terciduk Polisi

Para pelaku saat diamankan oleh personel Patmor Tanah Hitam Polresta Jayapura Kota,- Sedang asik menikmati suasana malam minggu di seputaran...