Sabtu, 29 Juli 2023

Polsek Japsel Lakukan Mediasi Permasalahan Melalui Program Para-Para Numbay

Kapolsek saat gelar Para-Para Numbay


Polresta Jayapura Kota-, Polsek Jayapura Selatan menggelar giat Para-Para Numbay dalam rangka  mediasi lanjutan pembahasan permasalahan sengketa tanah bertempat di Jl. Feri Kompleks 45 Entrop Distrik Jayapura Selatan, Jumat (28/07) siang.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolsek Jayapura Selatan AKP Frets Lamahan, S.H didampingi Kanit Binmas Polsek Jayapura Selatan Iptu Yuli Sutrisno dan dihadiri oleh Pihak BPN Kota Jayapura serta Pihak Pelapor dan Terlapor.

Dalam sambutannya Kapolsek menyampaikan, terima kasih atas kesempatan yang diberikan hari ini kita bertemu kembali dan membahas penyelesaian permasalahan tanah antara kedua belah pihak untuk dapat titik terang dan kejelasan lebih lanjut terkait kepemilikan tanah yang di permasalahkan.

"Sesuai dengan apa yang di tunjukkan terkait surat kepemilikan ini di mana Ibu Magdalena Lusia mempuunyai Pelepasan tahun 2008 dari pihak adat dan sudah di terbitkan sertifikat oleh BPN sedangkan untuk Bapak Gassing sendiri punya pelepasan dari adat di keluarkan tahun 2017 dan belum memiliki sertifikat sehingga kami disini menfasilitasi bapak sekalian untuk mendengar penjelasan dari pihak BPN secara langsung mengenai permasalahan ini sehingga ada titik terang dalam hal ini," ucap Kapolsek.

Lanjut kata Kapolsek, Kami dari pihak Kepolisian hanya memediasi untuk mencari jalan keluar. Dalam hal penyelesaian masalah tanah ini harus di lakukan kordinasi dan duduk bersama baik pihak adat Dawir, Pak SABIR (Penjual), Pihak BPN  ataupun yang bersengketa sehingga apa yang di bahas dapat di dengar semua pihak dan mendapatkan jawaban.

"Jadi, untuk mediasi saat ini kedua belah pihak disarankan untuk mengajukan permohonan untuk pengukuran ulang ke pihak BPN untuk pengembalian batas sesuai sehingga antara kedua belah pihak dapat menyaksikan langsung kepemilikan lokasi tanah tersebut sesuai pelepasan yang di keluarkan oleh pihak adat," imbuh Kapolsek.

AKP Frets juga menambahkan, Saya juga meminta untuk selalu di lakukan koordinasi dengan kami apabila dari kedua belah pihak sudah ada kejelasan permasalahan tersebut dan ucapan terima kasih kepada semua pihak karena sudah memenuhi undangan kami.(*)


Penulis : Edgard

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Polsek Muara Tami Himbau Anak Murid Agar Tidak Terjerumus Dalam Kenakalan Remaja

Kanit Binmas saat menyampaikan himbauan kepada guru SMP N 8 Muara Tami Polresta Jayapura Kota,- Maraknya kenakalan remaja di Kota Jayapura, ...