Senin, 17 Juni 2019

Tim Puslitbang Polri Melaksanakan Penelitian Tentang Tingkat Kepercayaan Masyarakat di Wilayah Hukum Polres Jayapura Kota

Tribratanews.papua.polri.go.id Polres Jayapura Kota - Polres Jayapura Kota menerima kunjungan dari Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan ( Puslitbang ) Mabes Polri yang menjadi kepercayaan masyarakat bertempat di Aula Mapolres Jayapura Kota. Senin (17/6) pagi.

Kegiatan penelitian dipimpin oleh Kombes Pol. Drs. Pratikno,  anggota Prof Dr Dwi Purwoko MSi, APU, AKBP Drs Sunaryanto, dan Penata Budi Prayitno.

Tujuan penelitian dimaksud adalah untuk melihat tingkat kepercayaan masyarakat terhadap 5 fungsi layanan kepolisian yaitu : fungsi lalu lintas, reserse, intel , Binmas dan sabhara.
Dalam penelitian ada 5 indikator pengungkit layanan yang dilihat yaitu : Bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability),  daya tanggap (responsiveness), jaminan (asurance) dan kesesuaian (conformance). 


Adapun sasaran dari penelitian ini adalah masyarakat yang berada di wilayah hukum Polres Kota Jayapura  dan jajaran dengan sampel penelitian masyarakat di wilayah hukum Polres Kota Jayapura.

Penelitian dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada masyarakat pada umumnya. Selain respoden masyarakat kegiatan penelitian juga melaksanakan FGD dengan  Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas yg mewakili oleh Wakapolres Kompol Heru Hidayanto, S.Sos, Para Kabag dan Para Kasat.

Wakapolres Jayapura Kompo Heru Hidayanto, S.Sos mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kunjungannya dalam rangka survei tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan Polri khususnya di jajaran polres jayapura kota.

"Kami berterima kasih, telah menjadikan Polres Jayapura Kota sebagai tempat penelitian sehingga jika terdapat kekurangan atau kekeliruan bisa kami lakukan pembenahan,"Ujar Wakapolres.

Dalam kunjungan tersebut Ketua Tim  Kombes Pol. Pratikno menyampaikan bahwa kami bukan melaksanakan pengawasan/pemeriksaan atau supervisi atau pembinaan kita melaksanakan penelitian ilmiah yang fokusnya adalah ke tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja teman-teman sekalian, jadi kita nanti akan meneliti lebih banyak ke masyarakat yang akan kita berikan kuesioner untuk menilai rekan-rekan.

"Tapi kalau nanti realitanya masyarakat menganggap rekan-rekan sudah maksimal pasti hasilnya akan baik, tapi kita tidak alergi dengan masukan dan kritikan apapun adanya sehingga dapat dibenahi,"ujar Ketua Tim Puslitbang Polri.

"Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran tingka kepercayaan masyarakat terhadap kinerja layanan kepolisian di wilayah hukum polres jayapura kota,"pungkas Kombes Pol. Drs. Pratikno.

Usai melaksanakan FGD, Tim Puslitbang Polri melaksanakan penelitian terhadap masyarakat yang yang mengurus pembuatan SIM, Para Tahanan di Rutan Mapolres, Mahasiswa Universitas Yapis Dok II, Sat Pol PP Kota Jayapura dan Lapas Klas IIA Jayapura. (*)

Penulis. : Andi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Asik Pesta Miras dan Ganja, 5 Oknum Mahasiswa Terciduk Polisi

Para pelaku saat diamankan oleh personel Patmor Tanah Hitam Polresta Jayapura Kota,- Sedang asik menikmati suasana malam minggu di seputaran...