Kamis, 14 Desember 2017

Kapolresta Hadiri Apel Kebangsaan Jelang Pilkada 2018

Jayapura,-Kapolres Jayapura Kota AKBP Marison Tober H.Sirait,SIK,MH menghadiri Apel Kebangsaan yang digelar Polda Papua dalam rangka menghadapi Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2018 di Lapangan Mako Brimob Polda Papua Kotaraja, Kamis 13/12 pukul 08.00 Wit.

Apel Kebangsaan ini dimaksudkan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berkomitmen mewujudkan Pilkada damai dan demokratis di Papua. Sekitar 1000 lebih peserta yang berasal dari berbagai paguyuban, organisasi pemuda, LSM, dan anggota TNI juga Polri dilibatkan dalam Apel Kebangsaan tersebut.

Pada kesempatan itu, Kapolda Papua Irjen Pol Drs.Boy Rafli Amar,MH bersama sejumlah anggota Forkompinda Papua juga menyampaikan orasi Pilkada Damai dengan mengatakan Pilkada damai, demokratis dan aman adalah sebuah keharusan, karena itu seluruh elemen masyarakat di Papua harus menyamakan persepsinya untuk mewujudkan hal tersebut.

“Kebersamaan adalah kekuatan utama untuk membangun papua. Partisipasi tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda, dan perempuan serta lainnya sangat dibutuhkan agar pesta demokrasi 2018 nanti berjalan sesuai harapan kita,” kata Kapolda.  

Dari sisi keamanan lanjut Kapolda, Kepolisian dan TNI memastikan akan melaksanakan tugas dengan semaksimal mungkin untuk mengantisipasi potensi ancaman saat Pilkada. Indikator pilkada yang demokratis itu berarti tidak boleh ada kekerasan, intimidasi, provokasi, menghasut dan menghalangi hak suara.

Anggota Majelis Rakyat Papua, DR Toni Wanggai mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Polda Papua ini. Sebab menurutnya, Apel Kebangsaan sangat penting untuk mengingatkan hidup dalam persatuan dan kesatuan, khususnya menjelang Pilkada. “Kami berpesan agar para pemimpin dapat mengayomi, merangkul, menghargai hak hak orang asli papua dan juga menghargai seluruh masyarakat indonesia yang berada di tanah Papua,” tutur Toni Wanggai.

Ditempat yang sama, mewakili Gubernur Provinsi Papua Asisten 1 Setda Papua Doren Wakerkwa berharap seluruh institusi negara di Papua bersama-sama mengamankan dan menyukseskan Pilkada 2018 di daerah setempat. “Kami tidak mau Pilkada 2017 yang menimbulkan sengketa Pilkada, PSU, dan konflik terulang lagi, Gubernur tidak ingin ada korban jiwa lagi akibat Pilkada,” tegas Asisten I.

Seusai menyampaikan orasi Pilkada Damai, Forkompimda Papua bersama seluruh peserta apel menandatangai kain putih sepanjang 100 m sebagai bentuk komitmen menyukseskan Pilkada damai dan demokrasi di tahun 2018.

Dari akhir seluruh rangkaian kegiatan Kapolda bersama perwakilan forkompinda  menyerahkan Piagam penghargaan kepada tokoh masyarakat dan anggota Bhabinkamtibmas yang dinilai berjasa dan berprestasi dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif di Kota Jayapura .(*)

Penulis : Subhan
Editor   : J.Rumra
Publish : Arifin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Asik Pesta Miras dan Ganja, 5 Oknum Mahasiswa Terciduk Polisi

Para pelaku saat diamankan oleh personel Patmor Tanah Hitam Polresta Jayapura Kota,- Sedang asik menikmati suasana malam minggu di seputaran...