Selasa, 05 Desember 2017

Polresta Selenggarakan Sosialisasi Saber Pungli

Jayapura,- Bertempat di aula Polres Jayapura Kota telah berlangsung Sosialisasi dan Supervisi UPP Saber Pungli Provinsi Papua yang dihadiri 70 peserta dari berbagai kalangan. Selasa, 05/17/17 pukul 09.00 wit

Hadir ketika itu Ketua Saber Pungli Provinsi Papua diwakili oleh Irbid Ops Itwasda Polda Papua AKBP Drs.Mikael Suradal,MM, Wakil Walikota Jayapura Ir.H.Rustan Saru,MM, Wakil Ketua DPRD Kota Jayapura Timbul Sipahutar,SH, Kapolres Jayapura Kota AKBP !Marison Tober H.Sirait,SIK,MH, Dandim 1701 Jayapura Letkol Inf. Nova Ismailiyanto,S.IP, Perwira Polres Jayapura Kota, para Kapolsek dan Danramil jajaran Kodim 1701 Jayapura.


Kapolres dalam sambutannya menyampaikan
kegiatan ini, sebagaimana kebijakan Presiden Republik Indonesia tentang Pungli yang telah ditindaklanjuti oleh kementerian dan lembaga-lembaga, oleh karena itu pada kesempatan ini kami sangat mengharapkan penjelasan kepada para pemateri kepada kita semua agar mengerti, karena rata-rata yang hadir adalah abdi negara yang melakukan pelayanan kepada masyarakat.

Kapolres juga mengatakan sebagai aparatur negara kita dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, oleh karena itu kami meminta agar memberikan masukan kepada kami, dan untuk diketahui bahwa walikota jayapura kota telah mengeluarkan surat keputusan nomor 15 tahun 2017 tentang pengurus saber pungli di Kota Jayapura, untuk pengurus telah namun belum dilakukan pelantikan.

Wakil walikota Jayapura juga dalam sambutannya menyambut baik kegiatan ini, karena terdapat beberapa OPD di pemerintah Kota Jayapura yang melakukan pelayanan kepada masyarakat yang mana beberapa diantaranya terdapat pungutan yang menjadi keputusan dari pemerintah daerah namun tidak menutup kemungkinan  pungutan tersebut dimanfaatkan oknum tertentu, dengan sosialisasi ini kami berharap dapat menambah pengetahuan kita dan pengetahuan apa yang didapat hari ini agar disosialisasikan kepada petugas yang lain, saya harapkan para petugas dapat melaksanakan sosialisasi ini untuk membersihkan kota jayapura dari setiap pungutan liar.

Turut memberikan sambutan Ketua Saber Pungli provinsi Papua yang diwakili oleh AKBP Drs. Mikael Suradal, MM yang juga hadir sebagai pemberi materi sosialisasi.

Ia menyampaikan bahwa hadirnya saber pungli ini kami telah dilantik Gubernur Provinsi Papua dan kegiatan sosialisasi baru dilaksanakan mulai bulan Oktober 2016 dan pelaksanaanya dibagi menjadi beberapa tugas yaitu satgas pencegahan, intelijen, yustisi dan penindakan,

AKBP Mikael juga menambahkan bahwa Satgas saber pungli bukan komunitas namun sinergitas dari beberapa instansi yaitu dari pemda, TNI / Polri, para tokoh masyarakat, dan pola kegiatannya lebih mengedepankan pola pencegahan karena misi saber pungli adalah memperbaiki, namun apabila tidak ada perubahan maka akan dilakukan penindakan, hasil OTT.

Mengakhiri sambutanya AKBP Mikael Suradal berharap dengan Saber Pungli  dapat mencegah dan membebaskan kota jayapura dari setiap pungutan liar.(*)

Penulis : Subhan
Editor    : J.Rumra
Publish : Arifin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Opsnal Narkoba Ringkus Seorang Perempuan Penjual Sabu

Pelaku saat diamankan beserta barang bukti  Polresta Jayapura Kota,- Tim Opsnal Sat Narkoba Polresta Jayapura Kota meringkus seorang perempu...