Rabu, 06 Maret 2019

Kapolres Hadiri Acara Keagamaan Umat Hindu Taur Agung Kesanga

Tribratanews.papua.polri.go.id Polres Jayapura Kota - Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S.IK didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Jayapura Kota Ny. Yuhanna Gustav Urbinas menghadiri upacara keagamaan Umat Hindu Taur Agung Kesanga dalam rangka Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1941 di Taman Imbi Jayapura, Rabu (6/3) siang.

Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1941 mengambil thema "Melalui Catur Brata Penyepian Kita Sukseskan Pemilu Tahun 2019".

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Jayapura DR. Drs. Benhur Tomi Mano, MM, Wakil Walikota Ir. H. Rustan Saru, MM, Ketua LMA Port Numbay George Awi, Anggota DPR Provinsi Papua Christina. L. Mano, Ketua PDHI Provinsi Papua I Komang Alit Wardana, SE., MM dan Ketua PDHI Kota Jayapura Drs. Ida Bagus Suta Kertha, M.Si.


Kegiatan diawali dengan tarian seremonial berupa tarian panyembrama (tari adat bali) dan dilanjutkan dengan penyemangat udeng berupa pakaian adat bali oleh Ketua PDHI Kota Jayapura, Ketua PDHI Provinsi Papua kepada Walikota Jayapura, Wakil Walikota Jayapura, Kapolres Jayapura Kota, Ketua LMA Port Numbay.

Dalam sambutan Ketua PDHI Kota Jayapura Drs. Ida Bagus Suta Kertha, M.Si menyampaikan rangkaian Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1941 telah dilaksanakan beberapa rangkaian upacara dimana kemarin kita laksanakan upacara di pantai base G dengan maksud mensucikan benda pusaka dan sebelumnya juga kami melaksanakan kegiatan sosial yaitu donor darah sebagai bentuk wujud kami peduli sesama umat manusia.

"Pada kesempatan yang baik ini kami menyampaikan terimakasih kepada umat hindu yang turut serta dan berkenan hadir untuk mengikuti serangkaian upacara tawur agung kesanga, dimana dilaksnakannya ucapara ditengah-tengah kota jayapura dengan maksud untuk menetralkan, membersihkan atau mensucikan kota jayapura,"terang Ketua PDHI Kota Jayapura.

Dilanjutkan dengan sambutan Walikota Jayapura DR. Drs. Benhur Tomi Mano, MM mengatakan dalam ajaran agama Hindu kita kenal istilah dengan Tri Hita Karana kondisi keseimbangan konsep kedamaian dan konsep keharmonisan hubungan manusia dengan Sang Pencipta, hubungan manusia dengan manusia dengan alam semesta, untuk itu dengan berlandaskan istilah tersebut saya mengajak seluruh hadirin untuk memperbaiki hubungan kita dengan sesama maka tanah air yang kita cintai akan damai hidup ini dapat dapat lestarikan yang dimulai dengan menjaga kebersamaan antar lingkungan baik ditempat kerja, tempat ibadah maupun di rumah.

"Saya mengajak seluruh umat Hindu yang ada dikota jayapura ini ikut serta menjaga kota ini sehingga harapan pemerintah menjaga kota jayapura ini menjadikan kota yang damai dan harmonis dapat terwujud,"kata Walikota.

Lanjut Walikota, Hubungan kita dengan Sang Pencipta, Para pemimpin agama banyak memberikan nasihat kepada umat kepada kita semua dan diatas segalanya adalah diri kita kepada sang pencipta. (*)

Penulis.  : Andi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resmikan 4 Gedung Baru Milik Polresta, Kapolda : Jadikan Kantor Polisi Sebagai Rumah Masyarakat

Kapolda saat meresmikan Mako Polsek Heram Polresta Jayapura Kota,- Jadikan setiap Kantor Polisi menjadi rumah bagi masyarakat dalam menyeles...