Jumat, 08 Desember 2023

Hadir di Jumat Curhat Detik Pagi, Kapolresta Perkenalkan Para-para Numbay

Kapolresta saat menghadiri Jumat Curhat di Detik.com


Polresta Jayapura Kota,- Hadir dalam program Jumat Curhat Detik Pagi, Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Dr. Victor D. Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si perkenalkan program Para-para Numbay yang merupakan nama lain dari program Pimpinan Polri saat ini yakni Jumat Curhat, Jumat (8/12) siang.

Kepada Host Detik Pagi Akbarry dan Sara, Kapolresta menjelaskan bahwa program Pimpinan Polri yakni Jumat Curhat di wilayahnya bernama Para-para Numbay yang diangkat dari local wisdom atau kearifan lokal, dimana Para-para Numbay tersebut merupakan wadah pihaknya bersama jajaran mendengarkan curhatan warganya.

"Disetiap pelaksanaannya melibatkan para Pimpinan yang ada di Polres maupun Polsek untuk turun langsung ke lapangan bertemu dan berdiskusi bersama masyarakat terkait Kamtibmas," terang Kapolresta.

Lebih lanjut dikatakannya, tidak hanya terkait permasalahan Kamtibmas yang ditemukan dari hasil pertemuan di Para-para Numbay, terkadang keluhan atau apresiasi terkait kinerja Kepolisian bahkan hingga keinginan anak-anak mereka yang ingin menjadi anggota Polri pun disampaikan.

"Sejauh ini, pengaduan yang sering kami dengar dari warga dan menonjol yakni terkait miras, karena dipengaruhi miras hingga bisa terjadi kecelakaan hingga gangguan Kamtibmas yang mengganggu kenyamanan masyarakat, kami selalu mencari langkah-langkah efektif untuk penanganannya hingga saat ini untuk menekan angka pengkonsumsi miras," ujarnya.

Selain itu permasalahan KDRT juga dan Narkoba masuk dalam mayoritas keluhan masyarakat di Kota Jayapura. "Untuk narkoba, saat ini kami tengah mengubah suatu lokasi yang rawan pengguna dan peredaran narkoba jenis ganja menjadi Kampung Bebas dari Narkoba," tambahnya.

"Menjadikan Kampung Argapura menjadi Kampung bebas dari Narkoba merupakan tindak lanjut kami terkait beberapa curhatan yang masuk lewat program Para-para Numbay, dengan bersinergi bersama stakeholder yang ada dan kini sementara berjalan bagaimana cara men-zero-kan Narkoba di wilayah tersebut," imbuh KBP Victor Mackbon.

Dirinya juga menambahkan, selain program Para-para Numbay yang sudah intens berjalan, pihaknya juga menyediakan hotline call center layanan aduan warga baik di Polres maupun Polsek Jajaran guna memaksimalkan pelayanan Polri di Kota Jayapura kepada warganya.(*)


Penulis : Subhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resmikan 4 Gedung Baru Milik Polresta, Kapolda : Jadikan Kantor Polisi Sebagai Rumah Masyarakat

Kapolda saat meresmikan Mako Polsek Heram Polresta Jayapura Kota,- Jadikan setiap Kantor Polisi menjadi rumah bagi masyarakat dalam menyeles...