Jumat, 22 Desember 2023

Sebanyak 30 Kg Ganja dan 5 kasus Sabu Berhasil Diungkap Polresta Sepanjang Tahun 2023

Kapolresta saat mengungkapkan Kasus Narkotika yang berhasil diungkap sepanjang Tahun 2023


Polresta Jayapura Kota,- Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Dr. Victor D. Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si, mengungkapkan sebanyak 40 Kg Ganja dan 5 kasus Sabu berhasil diamankan bersama beberapa tersangkanya di sepanjang tahun ini.

Hal itu diungkapkanya dengan didampingi Wakpolresta AKBP Deni Herdiana, S.E., S.H., M.M., M.H saat menggelar Refleksi Akhir Tahun 2023 kepada awak media bertempat di Aula Mapolresta Jayapura Kota, Jumat (22/12) siang.

Kapolresta Victor Mackbon menerangkan, dalam pengungkapan yang dilakukan satuan narkoba Polresta Jayapura Kota, sebanyak 48 kasus berhasil diungkapnya dengan total tersangka 64 orang dimana 5 diantaranya merupakan WNA asal PNG.

"Jumlah tersangka dan kasus yang ditangani Satuan Narkoba Polresta Jayapura Kota di tahun ini menurun jika dibandingkan dengan tahun lalu, tahun 2022 sebanyak 75 kasus berhasil diungkap dengan total tersangka 90 orang, terdapat selisih 27 kasus dan 15 tersangka," ungkap Kapolresta.

Lebih lanjut kata Kapolresta, untuk rincian kasus yang diungkap pihaknya yakni, Sabu 5 kasus, Ganja 39 kasus, Miras Lokal / Pangan 3 kasus dan Psikotropika 1 kasus. "Untuk total barang bukti yang diamankan yaitu, Sabu sebanyak 47,43 gram, Ganja 30 Kg, Miras Lokal 124,8 liter dan Psikotropika 150 butir," tambahnya.

"Dari 48 kasus tersebut semuanya tiga diantaranya kami berlakukan Restoratif Justice yang merupakan program atau atensi Pimpinan, sedangkan 33 kasus sudah dilimpahkan, 11 kasus baru masuk tahap I dan sisanya 1 kasus dalam proses penyidikan," kata Kapolresta.

Ia pun menyampaikan, para pelaku penyalahgunaan narkoba yang berhasil dibekuk pihaknya rata-rata didominasi oleh mereka yang masih berusia produktif atau dibawah umur, karena terpengaruh pergaulan bebas akhirnya mereka mudah untuk terjerumus. "Selain itu beberapa faktor lainnya yakni stress, depresi, broken home, ekonomi dan kurangnya perhatian serta didikan agama dari orang tua," imbuhnya.

Kapolresta juga menyampaikan bahwa pihaknya intens melakukan upaya-upaya pencegahan hingga penindakan. "Kami juga berharap dukungan seluruh tokoh dan lapisan masyarakat berperan serta untuk lakukan pencegahan terhadap narkoba, bersama kita wujudkan Kota Jayapura yang bersih dari narkoba dan menuju masa depan yang gemilang," pungkas Kapolresta KBP Victor Mackbon.(*)


Penulis : Subhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resmikan 4 Gedung Baru Milik Polresta, Kapolda : Jadikan Kantor Polisi Sebagai Rumah Masyarakat

Kapolda saat meresmikan Mako Polsek Heram Polresta Jayapura Kota,- Jadikan setiap Kantor Polisi menjadi rumah bagi masyarakat dalam menyeles...