Jumat, 10 Mei 2019

Kasat Lantas : Seminggu Lebih, 294 Pelanggar Terjaring Operasi Keselamatan

Tribratanews.papua.polri.go.id Polres Jayapura Kota – Hingga hari ke-9 pelaksanaan operasi keselamatan matoa 2019, Satuan Lalulintas Polres Jayapura Kota berhasil menjaring lebih dari 300 kendaraan bermotor secara kasat melanggar aturan lalulintas.

Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas. SH., S.IK ketika dikonfirmasi melalui Kasat Lantas Polres Jayapura Kota AKP Junan Plitomo, S.Sos., MH menerangkan dari 294 kendaraan yang terjaring, 60 diantaranya mendapatkan teguran berupa blangko tilang, sementara 234 kendaraan lainnya hanya mendapatkan blangko teguran.


“Sembilan hari pelaksaan operasi keselamatan, kami telah mengambil tindakan tegas berupa tilang bagi 60 kendaraan yang kami lihat tingkat pelanggarannya berat, sedangkan kendaran lain kai hanya berikan teguras lisan dan berupa blangko teguran,” ungkapnya, Rabu (8/5) siang.

Ia pun menerangkan, pelanggaran lalulintas yang mendominasi selama pelaksanaan operasi keselamatan  yakni kendaraan roda dua, dimana sebagain besar para pengendara tidak mematuhi aturan keselamatan.

“Rata-rata pelanggaran tidak menggunakan helm ketika berkendara dan berboncengan, selain itu tidak memakai kaca spion dan  tidak membawa surat-surat kelengkapan ketika berkendara,” tutur AKP Junan.

Pria asal Ternate Maluku Utara ini pun mengharapkan agar seluruh pengendara khususnya pengendara bermotor agar selalu mentaati aturan lalulintas demi keselamatan ketika berkendara, mengingat angka kecelakaan lalintas di Kota Jayapura lebih mendominasi pengendara bermotor. Tercatat selama operasi keselamatan matoa 2019, kecelakaan lalulintas  telah terjadi lebih dari satu kali dimana korban meninggal dunai sudah mencapai hingga empat orang.

“Dilihat dari data, kecelakaan lebih banyak dari kendaraan bermotor dibandingkan mobil,  dan rata-rata korbannya mengalami luka cukup fatal bahkan meninggal dunia. Tercatat  sudah ada empat orang meninggal, satu luka berat dan satu luka ringan selama operasi keselamatan ini tergelar pada tanggal 29 April lalu,” bebernya.

Mantan Kapolsek Kuala Kencana ini pun menghimbau kepada seluruh kepada pengendara baik roda dua maupun roda empat yang ada di Kota Jayapura pada khususnya untuk menjadi plopor keselamatan berlalulintas demia diri sendiri dan orang lain bahkan untuk keluarga sendiri. (*)

Penulis. : Andi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rayakan Hari Integrasi Papua ke NKRI, Kapolresta Hadiri Giat Pembentangan Bendera Merah Putih Sepanjang 11 KM

Kapolresta bersama Forkopimda saat mengikuti konvoi pembentangan bendera Merah Putih sepanjang 11 KM Polresta Jayapura Kota,- Dalam rangka m...