Selasa, 29 Oktober 2019

Kasat Lantas : 80 % Pelanggaran Tidak Menggunakan Helm

Tribratanews.papua.polri.go.id Polres Jayapura Kota – Hari ketujuh pelaksanaan Operasi Zebra Matoa 2019, Satuan Lalulintas Polres Jayapura berhasil menindak tegas 28 pelanggar lalulintas, Selasa (29/10) sore.

Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S.Ik melalui Kasat Lantas AKP Junan Plitomo, S.Sos., MH mengungkapkan ke 28 kendaraan yang ditilang oleh pihaknya lantaran bentuk pelanggarannya masuk kategori berat, dimana pengendaranya tidak memiliki surat ijin mengemudi serta berboncengan tidak mengenakan helm.


“Dalam operasi zebra matoa 2019 yang dilaksanakan, kami berhasil menjaring 50 kendaraan, dimana 28 kami tindak tegas berupa tilang sementara sisanya hanya teguran,” ujarnya ketika di wawancarai usai melaksanakan razia, Selasa (28/10) sore.

Kata AKP Junan, selama operasi zebra matoa 2019 berjalan, pelanggaran lalulintas yang lebih mendominasi yakni pelanggaran lalulintas tidak menggunaan helm baik itu pengendara maupun penumpang sepeda motor.

“Kesadaran masyarakat khususnya pengendara masih minim terkait pentingnya helm, hal itu dapat dilihat apabila kita presentasikan pelanggaran lalulintas tidak menggunakan helm selama ini mencapai 80 persen,” ungkapnya.

Sejauh ini, Lanjut AKP Junan pihaknya terus melakukan upaya sosialisasi serta himbauan kepada masyarakat terkait pentingnya tertib berlalulintas di jalan raya demi kenyamanan serta keselamatan.

“Kami terus melakukan pendekan dan himbauan kepada masyarakat untuk tertib berlalulintas bahkan kami telah menjadwalkan sosialisasi di sekolah-sekolah bahkan bebera waktu lalu kami menyambangi Kampus USTJ di padang bulan dengan tujuan agar masyarakat maupun para siswa paham tentang pentingnya keselamatan berlalulintas,” tuturnya.

Kasat Lantas ini pun menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya di Kota Jayapra untuk tertib berlalulintas dengan melengkapi dan mentaati aturan lalulintas demi kenyamanan dan keselamatan diri sendiri maupun orang lain. (*)

Penulis.  : Andi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rayakan Hari Integrasi Papua ke NKRI, Kapolresta Hadiri Giat Pembentangan Bendera Merah Putih Sepanjang 11 KM

Kapolresta bersama Forkopimda saat mengikuti konvoi pembentangan bendera Merah Putih sepanjang 11 KM Polresta Jayapura Kota,- Dalam rangka m...