Jumat, 20 September 2019

Polsek Japut Melaksanakan Patroli dan Sosialisasi Saber Pungli di Dok V Atas

Tribratanews.papua.polri.go.id Polres Jayapura Kota - Bertempat di wilayah hukum Polsek Jayapura Utara Kota Jayapura telah dilaksanakan patroli sekaligus sosialisasi terkait Pungli dan Hoax. Jumat (20/9) sore pukul 15.00 wit. 

Pada hari dan tanggal tersebut diatas, anggota polsek Jayapura utara bergerak dari Mapolsek Jayapura Utara untuk melaksanakan patroli dengan rute Dok V atas dan menyambangi warga dijalan Mapia Kompleks Pertama Kelurahan Trikora yang sedang duduk di pos kamling.


Anggota polsek jayapura utara tiba di Dok V atas kemudian melakukan sosialisasi. Dalam kesempatan tersebut anggota menyampaikan bahwa pungli artinya pungutan liar, yang merupakan segala bentuk pungutan uang diluar ketentuan, yang dilakukan oleh oknum aparat sipil negara, polisi dan pemalakan oleh oknum warga. 

Dalam penanganan Pungli sudah dibentuk oleh pemerintah, ditingkat pusat hingga daerah sampai ke distrik. Diharapkan apabila warga menemukan pungutan liar yang mencurigakan, agar segera melaporkan ke pihak berwajib/polsek jayapura utara, bisa datang langsung atau melalui no telepon 08114812666.

Terkait berita hoax, dihimbau agar setiap warga berhati-hati dalam menyebarkan sesuatu berita kalau berita tersebut belum tentu benar, jadi harus dicek terlebih dahulu berita tersebut kebenarannya. 

Namun apabila berita tersebut walaupun benar tapi dapat menimbulkan dampak yang kurang baik, tidak perlu disebar luaskan. Pelanggaran dalam penyebaran berita bohong (hoax) dapat dituntut dengan UU IT, Hoax atau berita bohong paling banyak disebarkan melalui media sosial, jadi warga harus berhati-hati dalam bermedia sosial. 

Terkait keamanan di wilayah kota jayapura, aparat kepolisian berharap agar warga juga aktif dalam menjaga lingkungannya masing-masing karena keemanan merupakan tanggung jawab kita bersama. (*) 

Penulis  : Andi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rayakan Hari Integrasi Papua ke NKRI, Kapolresta Hadiri Giat Pembentangan Bendera Merah Putih Sepanjang 11 KM

Kapolresta bersama Forkopimda saat mengikuti konvoi pembentangan bendera Merah Putih sepanjang 11 KM Polresta Jayapura Kota,- Dalam rangka m...