Senin, 30 September 2019

Wujudkan Tanah Papua Yang Aman dan Damai, Polisi Gelar Focus Group Discussion

Tribratanews.papua.polri.go.id Polres Jayapura Kota - Bertempat di Hotel Grand Horison Kotaraja, Pihak Kepolisian melaksanakan Focus Grub Discussion (FGD) dengan Thema "Membangun Masyarakat Papua Yang Kuat dan Berintegritas Dalam Rangka Mewujudkan Tanah Papua Yang Aman dan Damai" yang dibuka langsung oleh Wakapolda Papua Brigjen Pol. Drs. Yakobus Marzuki dengan ditandai pemukulan Tifa. Senin (30/9) siang.

Turut hadir Dir Bintibmas Korbinmas Baharkam Mabes Polri Brigjen Pol. Drs. Edi Satyo Budi Santoso, Dirbintopmas Korbinmas Baharkam Mabes Polri Brigjen Pol. Ricky Wakano, Bharkam Binmas Mabes Polri Kombes Pol. Tony S, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Perwakilan Mahasiswa, Aktivis dan Masyarakat Kota Jayapura.


Wakapolda Papua Brigjen Pol. Drs. Yakobus Marzuki dalam sambutannya mengatakan dari hasil penelusuran yang terjadi di beberapa wilayah, faktor utama adalah dibuat oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga menimbulkan emosi warga dan terpancing untuk melakukan aksi unjuk rasa.

"Masyarakat papua juga merupakan masyarakat yang bertoleransi dengan sangat tinggi sehingga tanah papua sering disebut dengan miniatur indonesia, generasi muda harus menjadi pelopor dalam menjaga kekayaan sumber daya alam, adat istiadat dan kebudayaan, kita juga memperkuat kearifan lokal menjaga agar kebudayaan kita menjadi nafas bagi kelangsungan hidup bangsa,"ujar Wakapolda.

Lanjutnya, dalam kepribadian mentalitas dan nilai-nilai kebanggaan anak bangsa kebudayaan juga menjadi sumber kekuatan, sumber persatuan dan sumber energi bangsa indonesia dalam menanamkan persaingan global, jangan sampai anak-anak papua tertinggal dengan perkembangan informasi oleh sebab itu dalam rangka pembinaan generasi muda kami melakukan kegiatan diskusi ilmiah dalam rangka menjaga tanah papua.

"terkait medsos bahwa kita semua ingin menjadi orang yang bijak dalam menangani medias sosial dan menyikapi setiap informasi yang kita terima dan ada empat langkah melawan berita hoax dengan cara baca informasi secara betul dan lihat lebih detail serta mengerti isinya, tanyakan kepada penyebar informasi dari mana sumber berita, sumber informasi, apakah benar dari media yang incredible dan pastikan apakah ada informasi yang sama,"ujarnya.

"Dengan 4 poin tersebut kita bisa menjaga kedamaian dan mencegah kerusuhan yang terjadi dengan tidak mau terpancing dengan ajakan orang yang tidak bertanggung jawab untuk berbuat yang tidak benar yang dapat menimbulkan kerusuhan,"pungkas Brigjen Pol. Drs. Yakobus Marzuki.

Sementara itu Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S.IK menyampaikan kegiatan polres jayapura kota yang didukung oleh Mabes Polri dalam hal ini Korbinmas Baharkam Mabes Polri melakukan kegiatan FGD dalam rangka mewujudkan tanah papua yang aman dan damai.

"Dimana kegiatan ini lebih banyak membuka ruang dialog, diskusi, sharing dan debat supaya aspirasi, keluhan, usulan maupun saran yang disampaikan bisa dikelola kedepannya lagi untuk membantu penyampaian langkah-langkah konkrit mengenai metode dan formula yang positif dan bagus untuk menciptakan papua lebih damai, kegiatan ini dimulai dari kota Jayapura,"ujarnya.

AKBP Gustav menuturkan, saya kira sudah lumayan mewakili elemen yang hadir tadi, dari kesukuan, paguyuban, akademisi, mahasiswa, pemuda dan juga agama, tadi semua elemen sudah terwakilkam sehingga bisa menjadi pemikiran bersama dan menyatukan persepsi untuk bisa menjaga kedamaian di tanah papua.

Adapun empat pemateri yaitu Ketua LMA Port Numbay memberi materi tentang adat istiadat dan kebudayaan, Pembantu Rektor III USTJ Isak Rumbarar, ST, MM memberikan materi tentang pendidikan dan Akademisi, Kominfo RI Indrianto Banyumurti memberikan materi tentang Informatika dan Fenomena Media Sosial dan Ketua Dewan Adat Papua Yan Kristian Arebo, SH., MM memberikan materi Semangat Pemuda Papua. (*)

Penulis. : Andi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rayakan Hari Integrasi Papua ke NKRI, Kapolresta Hadiri Giat Pembentangan Bendera Merah Putih Sepanjang 11 KM

Kapolresta bersama Forkopimda saat mengikuti konvoi pembentangan bendera Merah Putih sepanjang 11 KM Polresta Jayapura Kota,- Dalam rangka m...