Rabu, 10 April 2019

Pilpres 2019 di Papua : Kapolres Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan TPS Oleh Satuan Linmas dan TNI-Polri

Tribratanews.papua.polri.go.id Polres Jayapura Kota - Kepala Kepolisian Resor Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S.IK bertindak sebagai Isnpektur dalam Apel Kesiapan Pengamanan TPS oleh Satuan Linmas dan TNI-Polri pada Pemilihan Presiden dan Pemilihan Ligislatif 2019 di Kota Jayapura bertempat di Taman Imbi. Rabu (10/4) sore.

Apel tersebut turut hadir Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. A. Mustofa Kamal, SH, Walikota Jayapura DR. Drs. Benhur Tomi Mano. MM, Dandim 1701 Jayapura Letkol Inf. Yohanes Parinussa, Danpomal Lantamal X Jayapura Letkol Laut (PM) Feber H. Simandalahi. SH, Ketua Pengadilan Negeri Klas 1A Jayapura Khamin Thohari, SH., M.Hum, Kepala Kejaksaan Negeri Jayapura Muhammad Teguh Basuki, SH., MH, Wakil Walikota Ir. H. Rustan Saru, MM, Wakapolres Jayapura Kota Kompol Heru Hidayanto, S.Sos, Kasat Pol PP Kota Jayapura Muhsin Ningkeula, SH., M.Si, Ketua KPU Kota Jayapura Oktovianus Ijnama, SH., MH, Ketua Bawaslu Kota Jayapura Fransiskus J.Z. Rumsawir dan Para OPD Kota Jayapura serta Para Pejabat Polres Jayapura Kota.


Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S.IK dalam amanatnya mengatakan Apel Kesiapan ini diselenggarakan untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana Satuan Linmas dan TNI-Polri beserta unsur terkait, sebelum diterjunkan ke lapangan. Dengan demikian diharapkan, semua perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan optimal, dalam rangka mensukseskan pengamanan Pileg dan Pilpres 2019.

“Berdasarkan Undang – Undang Dasar 1945, Pemilu merupakan wujud keikutsertaan seluruh rakyat Indonesia dalam penyelenggaraan Pemerintahan Negara. Maka pada konteks inilah Polres Jayapura Kota, Kodim 1701 Jayapura serta Pemerintah Kota Jayapura berkewajiban untuk mengawal, menjaga dan mengamankan penyelenggaraan Pileg dan Pilpres  2019. Terutama tahap pungutan suara tanggal 17 April 2019 dan penghitungan suara,” pungkas AKBP Gustav.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres menjelaskan bahwa pergelaran personil pengamanan TPS yang melibatkan 606 Personel Polri, 120 Personel TNI dan 2.524 Linmas ini akan disebar pada 1.262 TPS. Pergelaran personil tersebut, agar dapat memberikan rasa aman kepada para penyelenggara dan peserta Pileg dan Pilpres Tahun 2019, serta menjamin masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan jernih sesuai hati nuraninya.

“Saya juga meminta instansi yang terkait agar terus meningkatkan kemampuan personel serta memberikan kelengkapan perorangan yang memadai, dalam menghadapi berbagai potensi ancaman yang terjadi pada Pileg dan Pilpres 2019. Selain itu, kepada seluruh unsur, agar secara proaktif terus memperkokoh sinergi polisional dengan Penyelenggara Pemilu, Polri, TNI, Linmas Masyarakat, dan Mitra Keamanan Lainnya, dalam rangka mendukung kesuksesan Pileg dan Pilpres 2019,” kata Kapolres.

Tidak lupa, Kapolres juga menegaskan agar seluruh personel TNI-Polri tetap menjaga netralitas, dengan tidak berpihak kepada kelompok tertentu dalam memberikan pelayanan maupun tindakan Kepolisian lainnya selama berlangsungnya tahapan-tahapan Pileg dan Pilpres 2019.

“Marilah kita jadikan Apel Kesiapan ini untuk menyatukan tekad dan komitmen, dalam rangka mengawal dan mengamankan serta mensukseskan Pileg dan Pilpres 2019, terutama tahapan inti pungutan suara,” ujar Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S.IK (*)

Penulis.  : Andi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Asik Pesta Miras dan Ganja, 5 Oknum Mahasiswa Terciduk Polisi

Para pelaku saat diamankan oleh personel Patmor Tanah Hitam Polresta Jayapura Kota,- Sedang asik menikmati suasana malam minggu di seputaran...