Rabu, 31 Juli 2019

Kapolres Hadiri Pembukaan Jayapura International AIDS Conference Bersama Perangi HIV Menuju 3 Zeroes

Tribratanews.papua.polri.go.id Polres Jayapura Kota - Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S.IK menghadiri pembukaan kegiatan Jayapura International AIDS Conference Bersama Perangi HIV menuju 3 Zeroes yang dikoordinir Dinas Kesehatan Kota Jayapura bertempat di Lantai II Hotel Horison Distrik Abepura. Rabu (31/7)

Turut hadir Wakil Gubernur Prov. Papua Barat Mohamad Lakatoni, SH., M.Si, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementrian Kesehatan RI Dr. Anung Sugihantono, M.Kes, Walikota Jayapura DR. Drs. Benhur Tomi Mano, MM, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Papua Dr. Aloysius Giay, Forkopimda Kota Jayapura, Wakil Bupati Kabupaten Jayapura Giri Wijiantoro, Wakil Bupati Supiori Onesias Rumere, S.Sos, Ketua KPA Provinsi Papua Drs. Constan Karma, Shailendra Sawleshwarkar, MD (University Of Sydney), Robert Gass (UNICEF), Krittayawan Tina Boonto (UNAIDS), Danielle Somers (Biomedsciences) dan tamu undangan sebanyak 500 orang.


Dalam kesempatan tersebut Walikota Jayapura DR. Drs. Benhur Tomi Mano, MM menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini sudah 2 kali saya mengikuti yaitu di Washington DC dan Belanda, bagaimana pakar-pakar diseluruh dunia yang saat itu dihadiri sekitar 5000 orang, oleh sebab itu saya berniat untuk membuat kegiatan ini untuk menyelamatkan orang papua.

Lanjut Walikota, upaya untuk mengurangi HIV AIDS di kota jayapura sudah dilakukan sejak 1994, tetapi belum mampu mengikis habis dan banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi, pada awal diluncurkan tidak sedikit hambatan yang ditimbulkan sehingga menimbulkan stikma terhadap orang yang terkena HIV.

"Seseorang yang terkena HIV sering menyembunyikan identitas sehingga sulit di sambangi, beberapa faktor yang mempengaruhi antara lain adalah kurang pahamnya masyarakat terhadap HIV dan malas tahu hal tersebut sehingga dengan adanya kegiatan ini sangat bermanfaat untuk bersama memerangi HIV dikota jayapura karena kegiatan ini adalah kegiatan internasional dan pertama kali dilakukan di papua dan kita lakukan evaluasi bersama baik dari sisi pemerintah hingga masyarakat,"ujarnya

Walikota menambahkan, kegiatan ini diarahkan untuk menjawab tantangan-tantangan ke depan dan bisa merubah perilaku beresiko dan hidup sehat demi memerangi HIV menuju 3 Zeroes.

Pembukaan kegiatan Jayapura Internasional Aids Conference bersama Perangi HIV menuju 3 Zeroes secara resmi ditandai dengan pemukulan tifa oleh Walikota Jayapura, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementrian Kesehatan RI, Kapolres Jayapura Kota, Wakil Walikota Jayapura dan Dandim 1701 Jayapura Letkol Inf. Johanis Parinussa.

Perlu diketahui kegiatan Jayapura Internasional Aids Conference Bersama Perangi HIV Menuju 3 Zeroes akan dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 31 Juli s/d 3 Agustus 2019. (*)

Penulis.  :Andi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kesamaptaan Berkala Tingkatkan Kebugaran Tubuh Untuk Menunjang Pelayanan

Kapolresta bersama anggota saat melaksanakan kesemaptaan jasmani Polresta Jayapura Kota,- Personel Polresta Jayapura Kota menjalani tes kesa...