Senin, 12 November 2018

Operasi Zebra, Pembuatan SIM Naik Hingga 60 persen

Tribratanews.papua.polri.go.id Polres Jayapura Kota,- Pelayanan surat ijin mengemudi di Polres Jayapura Kota mengalami peningkatan hingga 60 persen perharinya semenjak dilaksanakannya Operasi Zebra Matoa 2018 yang dilaksanakan Polres Jayapura Kota sejak 30 Oktober 2018 lalu.

Hal itu diungkapkan Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, S.H., S.IK melalui Kasubag Humas Polres Jayapura Kota Iptu Jahja Rumra, S.H., M.H saat ditemui di Mapolres Jayapura Kota, Senin (12/11) sore.


Kasubag Humas menerangkan, untuk hari biasanya pengurusan sim oleh masyarakat hanya berkisaran 40 hingga 50, sementara selama operasi zebra matoa 2018 berjalan mengalami kenaikan signifikan 90 hingga 100 permintaan pencetakan sim.

“Ya perhariannya hanya 50 pembuat sim sedangkan selama operasi mencapai 100an kalau diperkirakan kenaikan pembuatan sim mencapai hingga 60 persen setiap kali adanya operasi zebra matoa bagi kendaraan khususnya di Kota Jayapura,” tuturnya.

Dirinya pun mengungkapkan sejauh ini tingkat kesadaran masyarakat akan tertib berlalulintas dalam hal ini kelengkapan surat ijin berkendara masih minim.

“Ya kesadaran untuk memiliki SIM masih minim, padahal itu sudah wajib hukumnya setiap warga Negara di bekali ijin mengemudi saat berkendara sesuai yang undang-undang yang berlaku. Namun sejauh ini sudah kena tilang baru urus,” terangnya.

Lanjut Kasubag Humas menghimbau kepada seluruh warga masyarakat khususnya pengendara baik roda dua maupun roda empat agar segera membuat SIM, selain itu juga dalam proses pembuatan SIM tidak membutuhkan biaya banyak serta dalam proses pembuatan SIM hanya memakan waktu satu jam apabila dinyatakan lulus dalam tes praktek dan teori yang ditentukan.

“Saya mau tegaskan untuk pembuatan SIM C bagi pengendara hanya Rp.100 ribu kalau diperpanjang hanya Rp.75 ribu. Semua melalui proses apabila lulus maka sim langsung dicetak. Selain itu juga jangan sekali-kali melalui calo lantaran itu melanggar hukum,” jelas Iptu Jahja Rumra, S.H., M.H.(*)

Penulis : Humas Sakura

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rayakan Hari Integrasi Papua ke NKRI, Kapolresta Hadiri Giat Pembentangan Bendera Merah Putih Sepanjang 11 KM

Kapolresta bersama Forkopimda saat mengikuti konvoi pembentangan bendera Merah Putih sepanjang 11 KM Polresta Jayapura Kota,- Dalam rangka m...