Rabu, 18 Desember 2019

Kapolresta Hadiri Ritual Adat dan Doa Syukur di Jembatan Youtefa

Tribratanews.papua.polri.go.id Polresta Jayapura Kota - Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S.IK., M.Pd menghadiri Ritual Adat dan Doa Syukur bersama atas telah dioperasionalkannya jembatan Youtefa dan Jalan Ring Road bertempat di Parkiran Hassor Pantai Hamadi Distrik Jayapura Selatan. Rabu (18/12) 

Turut hadir Walikota Jayapura DR. Drs. Benhur Tomi Mano, MM, Danpomal Lantamal X Letkol Laut (PM) Feber H. Simandalahi, Kapolsek Jayapura Selatan AKP Yosias Pugu, SH, Danramil Jayapura Selatan Kapten Inf. Paulus Logo, Ketua Kalsis GKI Port Numbay Pdt. Hein Carlos Mano, S.Th, Anggota DPR Wakil Komisi A Rudolf Veep Hassor, Para Kepala Suku Teluk Youtefa.


Kegiatan diawali dengan prosesi ritual adat yang dipimpin oleh Kepala Suku Haay Yaerus Haay di Jembatan Youtefa dan di Jalan Ring Road yang disaksikan oleh Walikota Jayapura dan Kapolresta Jayapura bersama tamu undangan. 

Laporan adat yang disampaikan Jhon Ireuw menyampaikan ucapan Terima kasih kepada Walikota Jayapura yang telah datang melaksanakan prosesi adat, semoga prosesi adat tidak ada lagi korban dijembatan ini. 

"Kita harus melakukan ritual adat yang ada dari nenek moyang dulu sebagai menghormati leluhur kita dan juga untuk melepaskan nama ada ke pemerintah, hari ini kita telah melepaskan nama tanah adat vinjay ditempat ini karena waktu pembelian ditanah adat ditempat ini belum sempat dilepaskan nama adat sehingga hari ini kita telah melepaskan  tanah adat dan sekarang adalah milik negara," Ujar Jhon Ireuw. 

Sementara itu Walikota Jayapura DR. Drs. Benhur Tomi Mano, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat kepala Bin datang ke teluk youtefa, dia mengatakan tempat ini sangat indah sekali dan dia mengatakan kedua kepala suku ditempat ini sangat baik. 

"Telah dibangun jalan dan jembatan ditempat ini, membuat pembangunan bagi kota ini lebih maju, tempat yang kita jaga dari dulu telah dibangun untuk pemerintah tetapi adat istiadat tidak boleh hilang dari diri kita, " Ujarnya. 

Lanjut Walikota, saya akan membantu menyelesaikan persoalan masalah adat terkait jembatan Youtefa da  jalan ring road yang masih belum selesai. 

"Terimaksih kepada kepala suku ondoafi besar seluruh kepala suku tobati enggros dan saya juga menyampaikan terima kasih kepada bapak Ireuw karena telah membantu saya hingga acara ini bisa terlaksana dan semoga prosesi adat ini tidak terjadi kecelakaan lagi di dua tempat yang telah dilakukan prosesi adat, " Terang Walikota Jayapura. (*) 


Penulis  : Andi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Asik Pesta Miras dan Ganja, 5 Oknum Mahasiswa Terciduk Polisi

Para pelaku saat diamankan oleh personel Patmor Tanah Hitam Polresta Jayapura Kota,- Sedang asik menikmati suasana malam minggu di seputaran...