Selasa, 31 Desember 2019

Polresta Gelar Apel Kesiapan Pengamanan Malam Pergantian Tahun 2020

Tribratanews.papua.polri.go.id Polresta Jayapura Kota - Bertempat di Lapangan Karang PTC Entrop Distrik Jayapura Selatan, Polresta Jayapura Kota menggelar Apel Kesiapan Pengamanan Malam Pergantian Malam Tahun Baru 2020. Walikota Jayapura DR. Drs. Benhur Tomi Mano, MM bertindak sebagai pimpinan Apel dan Komandan Apel Kasat Binmas AKP Pieter Kendek, S.Sos., MM. Selasa (31/12) sore pukul 15.30 wit. 

Turut hadir Dandim 1701 Jayapura Kolonel Inf. Jerry H. T. Simatupang, Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S.IK., M.Pd, Wakapolresta Kompol Heru Hidayanto, S.Sos, Para Kabag, Para Kasat, Para Kapolsek, Kasat Pol PP Kota Jayapura Muksin Ningkeula, SH., MH, Pjs. Pasi Pers Yonmarhanlan X Letnan Dua Mar Ujang. 


Adapun peserta apel 1 SST Perwira Menengah Gabungan TNI/Polri, 1 SST Gabungan POM TNI AD, AL dan Bid Propam Polda Papua, 1 SST Kodim 1701/Jayapura, 1 SST Gabungan Lantamal X dan Yon Marharlan X, 2 SST Brimob Polda Papua, 3 SST Gabungan Sat Sabhara dan Pol air Polresta Jayapura Kota, 1 SST Satlantas Polresta Jayapura Kota, 1 SST Gabungan Sat Pol PP, Damkar, ORARI dan Senkom KotabJayapura serta 1 SST Gabungan Sat Reskrim, Resnarkoba dan Sat Intelkam Polresta Jayapura Kota. 

Walikota Jayapura DR. Drs. Benhur Tomi Mano, MM selaku pimpinan apel mengatakan, telah tiba di penghujung waktu tahun 2019 dan menyongsong tahun 2020 serta pada hari ini masyarakat akan melakukan ibadah tutup tahun mulai pukul 18.00 wit maupun 19.00 wit, untuk itu pada sore hari ini marilah kita memberikan situasi yang aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat kota jayapura yang akan merayakan dan melaksanakan ibadah agar dapat melaksanakan ibadahnya dengan aman dan damai, lakukan pendekatan keamanan dengan persuasif agar situasi tetap aman dan kondusif. 

"Kepada TNI/Polri maupun Sat Pol PP kota Jayapura berikanlah brasa aman dan nyaman dalam melaksanakan perayaan ibadah tutup tahun dan marilah kitab menjaga persatuan dan kesatuan di wilayah kota Jayapura serta menjaga toleransi kerukunan antar umat beragama, "ujarnya.

" Sekali merah putih tetap merah putih, saya juga berdoa kepada TNI/Polri untuk senantiasa dapat menjaga keutuhan NKRI dan atas nama pemerintah kota Jayapura saya ucapkan selamat bertugas, "pungkas Walikota Jayapura. 

Sementara itu Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S.IK.,M.Pd ketika dikonfirmasi usai apel mengatakan, sebanyak 644 personil aparat gabungan diterjunkan dalam pengamanan malam pergantian tahun 2020, dimana sekitar 400 personil dari Polresta Jayapura Kota dan sisanya diback up oleh satuan organik yakni Kodim 1701 Jayapura, Korem 172, POMDAM, Lantamal X, Satuan Brimob Polda Papua, Sabhara Polda Papua, Sat Pol PP, Damkar, Dinas Perhubungan, Sekom dan ORARI yang tergabung dalam apel kesiapan hari dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif dikota Jayapura dalam pergantian tahun, mulai dari pelaksanaan pengamanan ibadah sampai dengan pergantian tahun serta ibadah esok pagi pada tangga 1 Januari 2020.

" Untuk titik pengamanan kita sudah bagi disemua Distrik yang diprioritaskan dari Jayapura Utara, Selatan, Abepura dan Heram semua ada beberapa titik yang kita amankan yang berpotensi menjadi pusat keramaian atau perayaan dari pada berkumpulnya masyarakat pada malam hingga pagi untuk pergantian tahun diantaranya Kantor Gubernur, Jalan Pantai Hamadi, ringroad dan jembatan Youtefa yang diperkirakan akan menjadi tempat perayaan, "ujarnya.

Kapolresta menuturkan, yang kita antisipasi adalah masyarakat yang euforia dalam merayakan pergantian tahun agar tidak melakukan yang merugikan atau meresahkan masyarakat lainnya termasuk diantaranya mabuk di muka umum, lakalantas yang fatal dan juga jenis kejahatan lainnya. 

Kesempatan itu juga, Dandim 1701 Jayapura Kolonel Inf. Jerry Simatupang mengatakan, sesuai Undang-undang tugas kami kan perbantuan, menjelang akhir tahun diluar pos-pos, saya beserta jajaran koramil-koramil baik di kota, kabupaten dan Keerom perlibatkan personil organik, tentu semua ada aturan mainnya dengan mengedepankan tugas kepolisian. 

" Tadi juga sudah disampaikan oleh pak Walikota sifatnya membina persuasif sehingga bisa kondusif karena yang kita hadapi adalah masyarakat, "ujarnya. (*) 


Penulis  : Andi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Asik Pesta Miras dan Ganja, 5 Oknum Mahasiswa Terciduk Polisi

Para pelaku saat diamankan oleh personel Patmor Tanah Hitam Polresta Jayapura Kota,- Sedang asik menikmati suasana malam minggu di seputaran...