Selasa, 07 Januari 2020

Green Tour, Polresta Jayapura Kota Tanam 1.550 Bibit Pohon di Empat Lokasi

Polresta Jayapura Kota – Dalam rangka  peringatan Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia tanggal 10 Januari mendatang serta program penghijauan Kapolri, Polresta Jayapura Kota beserta Pemerintah Kota Jayapura dan beberapa komunitas menggelar Green Tour dengan menanam 1.550 bibit pohon di beberapa lokasi berbeda, Selasa (7/1).

Turut hadir Walikota Jayapura DR. Drs. Benhur Tomi Mano, MM, Muspida Kota Jayapura, Wakapolresta Jayapura Kota Kompol Heru Hidayanto, S.Sos, Ketua Bhayangkari Cabang Jayapura Kota Ny. Yuhanna Gustav Urbinas, Pengurus Bhayangkari Cabang Jayapura Kota, Personil Polresta Jayapura Kota, Komunitas Roda Empat dan Roda Dua, Gojek, Senkom, Rapi, Orari dan Gerakan Pemuda. 


Kegiatan Green Tour ini diawali dari pantai Hamadi (Pantai Mendug Teluk Youtefa) dengan menanam sebanyak 200 bibit pohon mangrove, Koya Koso sebanyak 400 bibit pohon berbagai jenis, TPU Muslim Buper Waena sebanyak 500 bibit pohon dan terakhir di Pasir II Kota Jayapura sebanyak 450 bibit pohon.

Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav Urbinas usai kegiatan menyampaikan, kegiatan ini sesuai dengan perintah Kapolri bahwa Polisi juga turut melakukan penghijauan, selain itu juga dalam rangka menyongsong peringatan Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia tanggal 10 Januari mendatang.

“Ini semua ada keterkaitannya dengan peringatan Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia, maka dibeberapa wilayah di Indonesia khususnya Polri melakukan kegiatan tanam sebelum 10 Januari,” kata AKBP Gustav.

Kapolresta menyampaikan, Polres Jayapura Kota bekerjasama dengan pemerintah Kota Jayapura dan Kodim akan menjadikan tempat-tempat yang sudah ditanami pohon menjadi wilayah binaan agar pohon yang sudah ditanam dipelihara.

“Selain itu juga akan dilakukan kegiatan patroli untuk mencegah kerusakan hutan ataupun lingkungan,” ujarnya.

Sementara itu Walikota Kota Jayapura DR. Drs. Benhur Tomi Mano, MM menyampaikan atas nama pemerintah Kota Jayapura memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada bapak kapolresta jayapura kota dan seluruh jajaran karena pada hari ini kita melakukan green tour yang telah kita lepas di lapangan PTC karang dan kita akan menanam pohon hari ini sampai sore dibeberapa titik yang telah di tentukan. 

"Dengan menanam pohon pada hari ini makan akan dinikmati oleh anak cucu kita kedepan dan apabila kita menanam pohon bisa menahan air, menahan banjir, menjaga longsor untuk itu kepada masyarakat Kota Jayapura dalam menghadapi curah hujan yang tinggi maka kita harus siap siaga menghadapi bencana yang terjadi wilayah Kota Jayapura, " Ujarnya. 

Rusdianto, Sekertaris IOF (Indonesian Ofroad Federation) Provinsi Papua dikesempatan itu menyampaikan apresiasinya terhadap Kapolresta Jayapura Kota bersama Walikota Jayapura atas terselenggaranya kegiatan Green Tour ini.

“Kami berharap kedepannya tidak hanya kegiatan Green Tour Polres Jayapura Kota tetapi akan melibatkan seluruh komponen komunitas roda dua dan empat yang ada di Kota Jayapura untuk melaksanakan touring sekaligus penghijauan untuk memecahkan rekor muri,” paparnya. (*) 


Penulis  : Andi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rayakan Hari Integrasi Papua ke NKRI, Kapolresta Hadiri Giat Pembentangan Bendera Merah Putih Sepanjang 11 KM

Kapolresta bersama Forkopimda saat mengikuti konvoi pembentangan bendera Merah Putih sepanjang 11 KM Polresta Jayapura Kota,- Dalam rangka m...