Sabtu, 11 Januari 2020

Wakapolresta Hadiri HUT Ke-44, Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 IK MASKEI

Polresta Jayapura Kota - Wakapolresta Jayapura Kota Kompol Heru Hidayanto, S.Sos menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun Ke-44, Perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 Ikatan Keluarga Masyarakat Kei (IK MASKEI) Provinsi Papua bertempat di Pantai Hamai Distrik Jayapura Selatan. Sabtu (11/1) 

Turut hadir Walikota Jayapura DR. Drs. Benhur Tomi Mano, MM, Wakil Walikota Ir. H. Rustan Saru, MM, Ketua Maskei Provinsi Papua DR. Drs. Najarudin Toatilubun, MM, Sekretaris Maskei Prov. Papua Jacobus Rafael, SH, Sekertaris LMA Port Numbay Edi Ohoiwutun, Ketua Klasis GKI Port Numbay Pdt. Hein Karlos Mano, S.Th dan Ikatan Keluarga Masyarakat Kei sebanyak 250 orang.


Kegiatan diawali dengan Ibadah yang dipimpin oleh Pastor Paulus Tumayang, OFM dilanjutkan Doa Syukur yang dipimpin oleh Pdt. Hein Karlos Mano, S.Th dan Hikmah Syukur yang dibawakan oleh Ust. Hisnaen Lehubun.

Ketua Umum IK Maskei Provinsi Papua DR. Drs. Najarudin Toatubun, MM dalam sambutannya mengatakan dalam kegiatan ini kami merasakan suasana seakan-akan sedang berada di kampung halaman, dengan mengambil thema "Merajut Kebersamaan dan Persaudaraan Masyarakat Kei, Mewujudkan Papua Tanah Damai Untuk Indonesia Bermartabat" Ini sudah sesuai dengan filosofi masyarakat Kei, kita semua harus saling mengenal dan hidup rukun, perbedaan bukanlah menjadi pesakat namun menjadi perekat. 

"Kita datang ke tanah ini tidak boleh mengotori apa yang sudah dilakukan orang tua leluhur dan bersama-sama masyarakat port numbay membangun papua, kita harus melanjutkan torehan sejarah bahwa kita masyarakat Kei dapat melanjutkan pembangunan bersama semua elemen masyarakat dan mendukung program pemerintah, " Ujarnya. 

Sementara itu Walikota Jayapura DR. Drs. Benhur Tomi Mano, MM mengatakan atas nama pribadi, para ondoafi dan leluhur port numbay kami mengucapkan terimakasih karena diberikan kepercayaan sebagai panglima perang masyarakat Kei, sejak dahulu masyarakat Kei sudah berada di port numbay dan sudah hidup berdampingan dengan masyarakat port numbay. 

"Sejak dahulu sudah terjalin kebersamaan dan toleransi antar umat beragama di kota Jayapura, bermacam suku dari latar belakang dan budaya yang berbeda namun kita selalu menjalin kebersamaan dengan baik, kita harus tetap menjaga kebersamaan antar semua suku, agama dengan semua masyarakat yang ada di port numbay, " Terangnya. 

Diakhir sambutannya Walikota Jayapura berpesan agar tatanan adat harus tetap dilestarikan, saya minta kedepan dalam perayaan Hari Ulang Tahun Kota Jayapura Maskei turut berkontribusi dengan menampilkan tarian adat maupun lainnya dan saya juga mengajak untuk mensukseskan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke -XX Tahun 2020 di Papua dan menjadikan kita sebagai tuan rumah yang baik. (*) 


Penulis  : Andi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rayakan Hari Integrasi Papua ke NKRI, Kapolresta Hadiri Giat Pembentangan Bendera Merah Putih Sepanjang 11 KM

Kapolresta bersama Forkopimda saat mengikuti konvoi pembentangan bendera Merah Putih sepanjang 11 KM Polresta Jayapura Kota,- Dalam rangka m...