Senin, 10 Februari 2020

Cek Kesiapan Pengamanan PON XX, Kompolnas Kunjungi Polresta

Polresta Jayapura Kota - Dalam rangka Supervisi kesiapan pengamanan PON XX Tahun 2020 di Kota Jayapura, Kompolnas Republik Indonesia mengunjungi Polresta Jayapura Kota bertempat di Aula Mapolresta. Senin (10/2). 

Kunjungan Tim Kompolnas RI ke Mapolresta Jayapura Kota diketuai oleh Kominsioner Kompolnas RI Irjen Pol. (Purn) Drs. Yotje Mende, SH., M.Hum, Kabag Setkum Kompolnas RI Kombes Pol. Joko Purwanto, Staf Kabag Setkum Kompolnas RI Feri Teguh diterima oleh Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S.IK., M.Pd didampingi Wakapolresta Kompol Heru Hidayanto, S.Sos, Para Kabag, Para Kasat, Para Kapolsek dan Perwira. 


Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S.IK., M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa kunjungan Kompolnas RI dalam rangka Supervisi Kesiapan pengamanan PON XX Tahun 2020 khususnya di wilayah Kota Jayapura, ada beberapa hal terkait kesiapan sampai saat ini telah kami rangkum dan juga telah melaporkan tentang konsep Pengamanan di Polda Papua. 

Lanjutnya kata AKBP Gustav, tujuan pengamanan adalah terwujudnya sit kamtibmas yang aman, tertib dan lancar di wilayah hukum Polresta Jayapura Kota. Baik sebelum, pada saat pelaksanaan maupun pasca pelaksanaan PON XX 2020 di kota Jayapura. 

"Target pengamanan PON XX tahun 2020 seluruh rangkaian kegiatan pertandingan dari atlet maupun pejabat/tamu, mulai kedatangan, keberangkatan, route yang dilalui, lokasi objek pertandingan, akomodasi dan rangkaian lainnya sehingga dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar, " Terangnya. 

"Jumlah cabor yang dipertandingkan di wilayah Kota Jayapura sebanyak 21 cabang olahraga dengn venue sebanyak 15 venue dan jumlah atlet diperkirakan sebanyak 3243 orang, official 1622 orang, perangkat pertandingan 2865 orang, tamu undangan sebanyak 1485 orang serta akomodasi penginapan sebanyak 68 tempat, " Ujar AKBP Gustav. 

Sementara itu Komisioner Kompolnas RI Irjen Pol. (Purn) Drs. Yotdje Mende, SH., M.Hum mengatakan kedatangan kami juga sudah ada program kompolnas untuk melakukan Supervisi Pilkada Serentak dan PON XX Tahun 2020, khusus dikota Jayapura tidak melaksanakan Pilkada oleh karena itu kami fokus kepada pelaksanaan PON XX. 

"Saya liat kesiapan pengamanan penyelenggaraan PON di Kota Jayapura sudah 60% tinggal pelaksanaanya saja karena pelaksanaan akan berhasil apabila kesiapannya sudah baik, " Ujarnya. 

"Ada empat hal yang perlu dipahami yakni pemahaman regulasi atau tata tertib termaksud MoU dan aturan-aturan yang ada di Polri agar kita mempelajari, Pemahaman Struktur organisasi seperti yang sudah dipaparkan Kapolresta, Koordinasi dan sinkronisasi baik di pelaksana tingkat bawah maupun tingkat atas harus aktif apalagi pelaksanaan PON di Provinsi Papua ini yang pertama dan yang terakhir Partisipasi, cara bertindak kita harus melakukan penggalangan serta pembinaan, dimana kita harus partisipasi dengan mengajak masyarakat ikut aktif mendukung pelaksanaan PON, "pungkas Komisioner Kompolnas. (*) 


Penulis   : Andi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rayakan Hari Integrasi Papua ke NKRI, Kapolresta Hadiri Giat Pembentangan Bendera Merah Putih Sepanjang 11 KM

Kapolresta bersama Forkopimda saat mengikuti konvoi pembentangan bendera Merah Putih sepanjang 11 KM Polresta Jayapura Kota,- Dalam rangka m...