Selasa, 04 Februari 2020

Kapolresta Hadiri Rapat Kerja Daerah Pemerintah Kota Jayapura

Polresta Jayapura Kota - Kepala Kepolisian Resor Kota Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S.IK., M.Pd menghadiri dan memberikan paparan peran Polresta Jayapura Kota Dalam menjaga Kamtibmas di Kota Jayapura dalam kegiatan Rapat Kerja Daerah Pemerintah Kota Jayapura Tahun 2020 bertempat di Aula Sian Soor Kantor Walikota Jayapura. Selasa (4/1). 

Turut hadir Walikota Jayapura DR. Drs. Benhur Tomi Mano, MM, Kepala Kejaksaan Negeri Jayapura Rahmat, SH., Wakil Walikota Ir. H. Rustan Satu, MM, Wakil Ketua DPRD Kota Jayapura Jhony Yisai Beatubun, SH., M.SI, Pasiter Kodim 1701 Jayapura Mayor Inf. Edi Triwanto, Palaksa (Perwira Pelaksana) Kalakay III X Lettu Laut (P) Helmi Yusuf, Ketua Klasis GKI Port Numbay Pdt. Hein Carlos Mano, S. Th dan sebanyak 250 peserta Rakerda. 


Walikota Jayapura DR. Drs. Benhur Tomi Mano, MM dalam sambutannya menyampaikan kemajuan teknologi di era sekarang ini serba cepat dan menuntut kita untuk terus bergerak maju menyesuaikan diri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di berbagai aspek seperti penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di kota Jayapura harus mampu merespon berbagai dinamika dan tantangan untuk menjawab kebutuhan masyarakat. 

Lanjutnya, sebagai ibu kota Provinsi Papua, Kota Jayapura merupakan pusat perdagangan dan pelayanan jasa dan juga pusat perekonomian, pendidikan serta pelayanan kesehatan, kebutuhan pelayanan terhadap masyarakat terus meningkat sementara sumber daya yang kita miliki makin terbatas. 

"Rapat kerja daerah ini sangat penting sebagai sebuah forum pusat yang dihadiri oleh berbagai elemen dan perwakilan stakeholder yang ada di kota Jayapura, semua upaya dan kerja yang kita lakukan tidak lain adalah untuk menjawab tuntutan pelayanan kepada masyarakat karena untuk masyarakat sejatinya kita ada, " Ujar Walikota. 

"Pada awal tahun ini, saya telah mencanangkan tahun 2020 sebagai tahun pelayanan yang excellent yang mengandung arti kita semua berkewajiban memberikan pelayanan yang cepat, tepat, efektif, efisien, transparan dan akuntabel, "bebernya.

Walikota berharap, rapat kerja daerah ini untuk membahas berbagai isu strategis dan permasalahan ditingkat Kota serta menghasilkan pemikiran produktif berupa saran dan solusi pendapat dalam jangka panjang maupun masa yang akan datang. 

Usai sambutabnya, Walikota Jayapura DR. Drs. Benhur Tomi Mano, MM membuka Rapat Kerja Daerah 2020 dengan ditandai pemukulan tifa.

Sementara itu Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S.IK., M.Pd dalam laporannya menyampaikan terkait peran Polresta Jayapura Kota dalam menjaga kamtibmas di Kota Jayapura dengan upaya penegakkan hukum terhadap para pelaku tindak kiriminal, dimana kasus tertinggi untuk saat ini adalah kasus curanmor namun Polresta Jayapura Kota telah membentuk tim curanmor untuk menekan angka curanmor di wilayah Kota Jayapura dan hasilnya cukup signifikan dalam pengungkapannya.

"Upaya-upaya dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di kota jayapura telah melakukan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan seluruh masyarakat dengan memberikan sosialisasi agar bersama untuk menjaga keamanan dan ketertiban, Program Door To Door Sistem oleh Bhabinkamtibmas, Police Go To School dengan menjadi pembina saat upacara dan memberikan sosialisasi terhadap para pelajar, kegiatan razia rutin oleh jajaran Polresta Jayapura Kota, pelaksanaan patroli rutin, pembentukan tim UKL kecil yang melaksanakan patroli malam minggu bersama Tim Duta Kota Jayapura (Tim Terpadu Cipta Kondisi) serta pembentukan tim Charli guna menekan angka curanmor dan Gakkum pengungkapan kasus curanmor, pengembangan pelayanan kamtibmas dan pembangunan Command Center yang akan bekerja sama dengan pemerintah Kota Jayapura untuk memantau aktifitas masyarakat, "ujar AKBP Gustav. 

Lanjutnya Kata Kapolresta, terkait waspada kebakaran lahan dan hutan, saya akan membangun komunikasi dengan seluruh komunitas untuk melakukan tindakan pencegahan dan akan melakukan penegakkan hukum terhadap pelaku pembakaran hutan. 

" Untuk pelaksanaan PON XX tahun 2020, Polresta Jayapura Kota mendukung dan akan melakukan pengamanan sebelum pelaksanaan dengan melaksanakan cipta kondisi dan selama bergulirnya pekan olahraga akan memberikan pengamanan disetiap cabang olahraga yang ada di kota Jayapura serta beberapa aspek pengamanan sesuai PON XX berakhir, "pungkasnya. (*) 


Penulis   : Andi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rayakan Hari Integrasi Papua ke NKRI, Kapolresta Hadiri Giat Pembentangan Bendera Merah Putih Sepanjang 11 KM

Kapolresta bersama Forkopimda saat mengikuti konvoi pembentangan bendera Merah Putih sepanjang 11 KM Polresta Jayapura Kota,- Dalam rangka m...