Sabtu, 29 September 2018

Kabag Ops Hadiri Sosialisasi Kampanye Pemilu Serentak Tahun 2019

Tribratanews.papua.polri.go.id Polres Jayapura Kota,- Kabag Ops Polres Jayapura Kota Kompol Nursalam Saka, S.Pd menghadiri kegiatan Sosialisasi Kampanye Pemilihan Umum Presiden dan Legislatif Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh KPU Kota Jayapura bertempat di Kantor KPU Kota Jayapura Jl. Baru Tanah Hitam Distrik Abepura, Sabtu (29/09/18) Pukul 13.30 Wit. 

Hadir dalam giat tersebut Ketua KPU Kota Jayapura Bapak Henock Merahabia, S.H, Ketua Bawaslu Kota Jayapura Bapak Rinto Pakpahan, S.H, serta perwakilan Partai Politik di Kota Jayapura sekitar 32 tamu undangan.


Sosialisasi Kampanye Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019 mengawali kegiatan yang disampaikan oleh Ketua KPU Kota Jayapura kemudian dilanjutkan dengan Pemberian Materi oleh Komisioner KPU Divisi SDM dan Sosialisasi Bapak Matius Katumun, S.H yang menyampaikan Peraturan KPU No.23 Tahun 2018 sebagaimana telah diubah menjadi Peraturan KPU No.28 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum  yang meliputi aturan dan tata cara maupun lokasi serta sanksi dalam berkampanye. 

Setelah Sosialisai Kampanye, ditempat yang sama Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas melalui Kabag Ops Polres Jayapura Kota Kompol Nursalam Saka, S.Pd memaparkan materi tentang keamanan dan ketertiban berkampanye dengan meliputi menjaga kamtibmas di Kota Jayapura tetap aman saat sebelum dan sesudah pesta demokrasi 2019 berlangsung untuk berjalan aman dan tertib melalui pemberlakuan penegakkan hukum secara profesional dan proporsional terhadap para pelaku pelanggar tahapan pemilu tahun 2019 dengan berkordinasi dengan Bawaslu terkait aturan ijin kampanye.

Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Bawaslu Kota Jayapura terkait wewenang Bawaslu meliputi Pengawasan Kampanye Pemilu Tahun 2019 terhadap Partai Politik di Kota Jayapura tentang aturan larangan dan metode berkampanye serta penanganan pelanggaran peserta pemilu. 

Kegiatan tersebut diakhiri dengan penyampaian Undang-Undang Peraturan Pemilu Serentak Tahun 2019 dan tanya jawab serta penjelasan Zona, Alat Peraga, dan Jadwal Kampanye, kemudian ditutup dengan himbauan Ketua KPU Kota Jayapura Bapak Henock Merahabia, S.H yang mengajak seluruh elemen partai politik agar bersama-sama menjaga kamtibmas selama tahapan Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif Tahun 2019 berlangsung.(*) 

Penulis : Humas Sakura

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rayakan Hari Integrasi Papua ke NKRI, Kapolresta Hadiri Giat Pembentangan Bendera Merah Putih Sepanjang 11 KM

Kapolresta bersama Forkopimda saat mengikuti konvoi pembentangan bendera Merah Putih sepanjang 11 KM Polresta Jayapura Kota,- Dalam rangka m...