Selasa, 18 September 2018

Kapolres Hadiri Deklarasi Bersama Mewujudkan Pilpres dan Pileg 2019 Aman Damai dan Sejuk

Tribratanews.papua.polri.go.id Polres Jayapura Kota,- Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, S.H., S.IK bersama personil turut menghadiri Deklarasi Bersama dalam rangka Pemilu Presiden (Pilpres) dan Pemilu Legislatif (Pileg) Aman, Damai dan Sejuk Tahun 2019 yang diselenggarakan Polda Papua bertempat di Taman Yos Sudarso Imbi Kota Jayapura, Selasa (18/09/18) Pukul 08.45 Wit. 

Deklarasi bersama tersebut guna menyatukan suara dan tekad untuk mewujudkan Pilpres dan Pileg Tahun 2019 aman damai dan sejuk yang dipimpin langsung Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si serta diikuti sekitar 500 orang yang terdiri dari perwakilan TNI, Polri, Partai Politik, LSM, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan Tokoh Pelajar.


Turut Hadir Pejabat Muspida Provinsi Papua dan Forkopimda Kota Jayapura Kasdam XVII Cenderawasih Brigjen TNI Nyoman Cantiasa, Wakapolda Papua Brigjen Pol. Drs Jacobus Marjuki, Kajati Papua Sugeng Purnomo, S.H., M.Hum, Ketua Bawaslau Provinsi Papua Metulasak Infandi, S.H, Wadanlantamal X Jayapura Kolonel Laut (Purn)  Antonius Yulianto Giarsiwi, Walikota Jayapura DR. Drs. Benhur Tomi Mano, M.M dan para pejabat utama Polda Papua, Dandim 1701 Jayapura Letkol Inf. Nova Ismailiyanto, S.I.P, Kapolres Keerom AKBP Muji Windi Harto, S.H., S.IK dan para Tomas, Toga, dan Tokoh Adat Papua maupun Kota Jayapura. 

Dalam Sambutannya Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.M yang intinya bahwa dalam era demokrasi ini pemilihan umum adalah simbol dari suatu negara demokrasi, dan sebagai aparat negara yang bertanggung jawab untuk keamanan adalah TNI-Polri juga bersama seluruh kontestan pemilu untuk mewujudkan keamanan dan kedamaian dalam pelaksanaannya demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

"Dalam ajang Pileg dan Pilpres Tahun 2019 baik ditingkat Kabupaten, Kota maupun Provinsi dan DPR RI, siapapun yang terpilih itulah yang terbaik, jangan kita jadikan ini ajang permusuhan diantara sesama anak bangsa, apapun itu kita serahkan semua kepada masyarakat, merekalah yang berhak memilih dan menentukan pilihan tanpa adanya unsur paksaan," Ungkap Kapolda Papua.

Ditempat yang sama Kasdam XVII Cenderawasih menyampaikan hari ini kita deklarasikan bersama dalam rangka menjaga keamanan pesta demokrasi yang damai tanpa konflik, siapapun yang terpilih dan menang, yang bahagia adalah masyarakat, yang menang adalah masyarakat dan kita semua tentunya, dan ingat jangan mudah terprovokasi, masyarakat harus Anti Hoax dalam situasi pesta demokrasi yang akan berlangsung. 

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Deklarasi pernyataan sikap masyarakat di Tanah Papua oleh Ketua LMA Port Numbay George Arnold Awi yang berisikan, Siap menjaga Keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, Siap mensukseskan Pemilu 2019 yang aman dan damai tanpa Hoax, Politisasi Sara dan Politik Uang, Menjunjung Proses Demokrasi di Indonesia, Menjaga Kerukunan Umat Beragama, Mendukung TNI-Polri dalam pengamanan Pemilu 2019 dan tunduk dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan Deklarasi bersama yang dipimpin Kapolda Papua dan diikuti seluruh pejabat dan masyarakat yang hadir.(*) 

Penulis : Humas Sakura

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rayakan Hari Integrasi Papua ke NKRI, Kapolresta Hadiri Giat Pembentangan Bendera Merah Putih Sepanjang 11 KM

Kapolresta bersama Forkopimda saat mengikuti konvoi pembentangan bendera Merah Putih sepanjang 11 KM Polresta Jayapura Kota,- Dalam rangka m...