Senin, 29 Oktober 2018

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kota Jayapura Dihadiri Wakapolres

Tribratanews.papua.polri.go.id Polres Jayapura Kota,- Wakapolres Jayapura Kota Kompol Heru Hidayanto, S.Sos mengikuti Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-90 Tahun 2018 dengan tema "Bangun Pemuda Satukan Indonesia" bertempat di lapangan apel Kantor Walikota Jayapura, Entrop Distrik Jayapura Selatan, Senin (29/10/18) Pukul 08.00 Wit. 

Wakil Walikota Jayapura Ir. H. Rustan Sarru, M.M bertindak sebagai Inspektur Upacara dan turut hadir Wakil Ketua II DPRD Kota Jayapura Elia Karuri, S.E, Wadanlantamal X Jayapura Kolonel Laut (P) Antonius Giarsiwi, Plt. Sekda Kota Jayapura DR. Frans Pikei, M.Si, Para Asisten dan Kepala OPD Pemerintah Kota Jayapura, Ketua KNPI Kota Jayapura Marcel Morin dan sekitar 400 peserta upacara yang terdiri dari perwakilan TNI, Polri, Sat Pol-PP Kota Jayapura, Korpri, ASN dan Pelajar Tingkat SMP dan SMA se-Kota Jayapura.


Upacara berjalan khidmat dengan diawali Pengibaran Sang Saka Merah Putih, Pembacaan UUD 1945 dan Pembacaan Keputusan Kongres Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

Dalam sambutannya, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora-RI) yang dibacakan oleh Inspektur Upacara yakni Wakil Walikota Jayapura mengatakan yang intinya, hari ini kita peringati hari momen bersejarah dimana kita semua berhutang Budi kepada para tokoh Pemuda tahun 1928 yang mendeklarasikan Sumpah Pemuda dan menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini. 

"Peringatan Sumpah Pemuda ke 90 tahun ini mengambil tema "bangun pemuda Satukan Indonesia" dimana tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, Sehat cerdas, kreatif, inovatif, Mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan undang-undang dasar negara Republik Indonesia tahun 1945 dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia," Ungkap Menpora dalam sambutannya yang dibacakan. 

Wakil Walikota juga menuturkan, Tahun 2019 bangsa Indonesia akan menggelar pesta demokrasi yakni Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden, Untuk itu peran dan tanggung jawab pemuda dalam mensukseskan program pemilihan umum nanti amat sangat dibutuhkan dengan berperan aktif. 

"Semoga melalui peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 90 kita selalu menghormati jasa para pemuda jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan kita," Ungkap Inspektur Upacara Wakil Walikota Jayapura Ir. H. Rustan Sarru, M.M dalam pembacaan Sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.(*)

Penulis : Humas Sakura

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rayakan Hari Integrasi Papua ke NKRI, Kapolresta Hadiri Giat Pembentangan Bendera Merah Putih Sepanjang 11 KM

Kapolresta bersama Forkopimda saat mengikuti konvoi pembentangan bendera Merah Putih sepanjang 11 KM Polresta Jayapura Kota,- Dalam rangka m...