Selasa, 17 Maret 2020

Kapolresta Hadiri Rapat Koordinasi Menyikapi Masuk dan Menyebarnya Virus Corona (Covid19) di Kota Jayapura

Polresta Jayapura Kota - Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S.IK., M.Pd menghadiri Rapat Koordinasi menyikapi masuk dan menyebarnya virus Corona (Covid19) di Kota Jayapura yang dipimpin oleh Walikota Jayapura DR. Drs. Benhur Tomi Mano, MM di Aula Sian Soor Kantor Walikota Jayapura Distrik Jayapura Selatan. Senin (16/3). 

Turut hadir Kabid Dokkes Polda Papua Kombes Pol. Drg. Agustinus Mulyanto Hardi. T., Ka Kesdam XVII Cenderawasih Kolonel Ckm. Dr. Djanuar Fitriadi, Wakil Walikota Jayapura Ir. H. Rustan Saru, MM, Forkopimda Kota Jayapura, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Jayapura Harold Pikal, kasubdit Keamanan Badan Perbatasan Mathilda Kusung, SE, Tokoh Agama, Direktur Utama RS. Provita Dr. Asmi, Safety Area PT. Angkapura Bandar Sentani Sulkifli, Para Dokter, Para Pimpinan OPD Pemerintah Kota Jayapura. 


Walikota Jayapura DR. Drs. Benhur Tomi Mano, MM dalam arahannya menyampaikan terkait maraknya virus Corona bahwa virus ini bukan untuk membunuh masyarakat Papua, jauhkan anggapan itu, virus Corona bukan hanya melanda Indonesia namun di dunia juga mengalaminya. 

"Virus ini telah merebak, yang kita pikir saat ini adalah bagaimana caranya mencegah virus ini tidak masuk ke wilayah kita, kedepan kita akan mengeluarkan peraturan untuk mengantisipasi dan mencegah agar virus ini tidak masuk ke Kota jayapura, apabila ada OPD yang melaksanakan Dinas luar akan kita karantina selama 14 hari untuk dicek kondisinya, kalau sehat maka boleh kembali melaksanakan aktifitasnya, "ujarnya.

" Untuk anak-anak sekolah belum ada instruksi untuk diliburkan, saya akan meminta penjelasan terlebih dahulu dari Dinas Kesehatan, apabila sudah ada penjelasan konkrit dan sekiranya anak-anak harus libur maka akan diliburkan untuk sementara, "ucapnya.

Lanjutnya, saya minta tidak ada oknum menimbun masker dan sabun cuci tangan, pemerintah akan berusaha menyediakan sarana cuci tangan gratis di tempat umum. Kepada Dinas Kesehatan apabila ada masyarakat yang mempunyai gejala-gelaja segera dilakukan penanganan yang. baik. 

"Saran saya untuk sementara jangan berpergian di tempat umum untuk menghindari adanya virus dan minumlah vitamin untuk menjaga kebugaran tubuh, " Imbuh Walikota Jayapura. 

Sementara itu Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S.IK., M.Pd menyampaikan bahwa kami sudah memerintahkan intelijen agar melakukan  investigasi dengan pelabuhan laut dan Bandara terkait orang asing yang akan datang dari luar negeri terkait virus Corona. 

"Diharapkan kita lebih bersinergis agar kita melakukan kinerja dengan baik sehingga kita bisa melaksanakannya dengan baik. Kita telah berkoordinasi antar instansi terkait untuk pola penanganan virus Corona (Covid19), " Ujarnya. 

Kapolresta menuturkan, pola hidup sehat yang bisa kita ambil dalam pencegahan virus tersebut seperti menjaga kebersihan lingkungan dan olahraga pagi hari. Ini juga sudah menjadi antensi di jajaran kepolisian sebelum melaksanakan apel pagi atau arahan pagi kita harus melakukan olahraga pagi. 

Kegiatan dilanjutkan penyampaian masukan dan saran oleh peserta rapat yang dalam menyikapi masuk dan menyebarnya virus Corona di kota Jayapura serta pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Gugus Depan Penanganan dan Pencegahan Covid 19 ( Virus Corona) di Kota Jayapura yang dipimpin oleh Sekda Kota Jayapura DR. Frans Pikey, M.Si. (*) 


Penulis   : Andi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rayakan Hari Integrasi Papua ke NKRI, Kapolresta Hadiri Giat Pembentangan Bendera Merah Putih Sepanjang 11 KM

Kapolresta bersama Forkopimda saat mengikuti konvoi pembentangan bendera Merah Putih sepanjang 11 KM Polresta Jayapura Kota,- Dalam rangka m...